Cara Mempercepat Koneksi Internet,Cara Mempercepat Internet,Mempercepat Koneksi Internet

Belajar Internet dan Bisnis OnlineBandar Online Terpercaya

Sejarah Internet Dan Perkembangannya Saat Ini

Sejarah Internet Dan Perkembangannya Saat Ini ~ Sesuai dengan kepanjangannya, Internet atau Interconnected Network berarti jaringan yang saling terhubung. Sederhananya, internet menghubungkan jaringan komputer satu dengan jaringan-jaringan komputer lain di seluruh dunia sehingga menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat luas.

Baca juga :

Seluruh perangkat yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang tersedia dengan beberapa ketentuan. Tentu saja semua orang dapat mengakses internet tanpa terkecuali, memiliki hak yang sama, porsi yang sama meski datang dari strata sosial yang berbeda. Jika Anda belum paham betul apa itu dunia internet, berikut ini akan kami ulas sejarah internet dan perkembangannya saat ini.

sejarah internet dan perkembangannya saat iniSejarah internet

Awal keberadaan internet dimulai pada tahun 1957, saat Rusia meluncurkan sebuah satelitnya yang bernama Sputnik. Pada saat itu, Amerika mulai merasa was-was apabila Rusia berniat mengirimkan rudal nuklir dengan satelitnya tersebut. Oleh karenanya, Amerika Serikat kemudian membuat sebuah proyek yang dinamakan ARPA atau ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) untuk menangkal kemungkinan serangan nuklir dari Rusia.

Tahun 1969, Amerika Serikat mendemonstrasikan bagaimana kita bisa melakukan komunikasi jarak jauh melalui telepon. Hal ini diwujudkan dengan pembuatan jaringan terpadu oleh ARPANET dimana mereka menghubungkan empat situs antara lain Universitas California, Universitas Utah, Institut Penelitian Stanford dan Santa Barbara. Selanjutnya pada tahun 1972, Amerika Serikat mulai memperkenalkan ARPANET kepada seluruh masyarakat.

Karena ketertarikan khalayak ramai yang luar biasa akan proyek ARPANET, membuat ARPANET kewalahan mengatur semua jaringan yang masuk, sehingga kemudian ARPANET pun terpecah menjadi dua yaitu MILNET yang ditujukan untuk kepentingan militer Amerika dan ARPANET untuk kegiatan non militer. Walaupun terpecah menjadi dua bagian, tetapi Amerika tetap berusaha menggabungkan dua jaringan tersebut dengan nama DARPA Internet. Namun karena nama tersebut dirasa terlalu panjang, maka disebutlah internet saja sebagai nama singkatnya.

Masih pada tahun yang sama, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan sebuah program internet bernama email yang dibuatnya setahun lalu. Program email tersebut berhasil menarik perhatian masyarakat luas. Selain itu, Roy Tomlinson juga memperkenalkan lambang penting dalam email yaitu @ (baca=at) yang artinya ‘pada’. Tahun berikutnya, jaringan ARPANET mulai menyebar luas ke luar Amerika Serikat.

Tanggal 26 Maret 1967, keberhasilan email dibuktikan oleh Ratu Inggris yang pada saat itu mencoba mengirim email dari Royal Signals. Tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin berhasil menciptakan sebuah newsgroup pertama yang dinamakan USENET. Selanjutnya tahun 1981, France Telecom membuat suatu gebrakan dengan peluncuran telepon televise pertama dimana kita dapat saling menelepon sambil menonton melalui vlink video. Tahun 1984, dibuatlah sistem nama domain yang dikenal dengan nama Domain Name System (DNS) untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer.

Penyempurnaan internet terjadi pada tahun 1990, dimana Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang kita kenal dengan sebutan world wide web. Dan tahun itu disebut sebagai tahun yang paling bersejarah dalam dunia internet.

sejarah internet dan perkembangannya saat iniPerkembangan internet saat ini

Berdasarkan sejarah internet dan perkembangannya saat ini, penggunaan internet jauh lebih pesat terutama di kalangan generasi muda. Hal tersebut diakibatkan adanya perubahan pola pikir mengenai seluk beluk dunia internet. Mereka menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan perangkat teknologi. Internet pun digunakan untuk berbagai aktivitas seperti :

  1. Menampilkan kemampuan dan data diri untuk menjual jasa melalui media sosial misalnya facebook, twitter dan instagram.
  2. Mencari pekerjaan secara freelance atau pekerjaan sampingan dengan membantu orang lain yang kebetulan membutuhkan jasanya.
  3. Berbagi ilmu dan pengetahuan tentang banyak hal kepada masyarakat melalui website atau blog-blog pribadi yang sangat banyak ditemukan di internet.
  4. Melakukan pemasaran secara online mengenai produk-produk yang diproduksi atau dijual sebagai perkembangan bisnis.
  5. Sarana berkomunikasi, bersosialisasi dan membentuk komunitas tertentu, melalui berbagai sosial media, chatting dan blog.
  6. Memudahkan para pemilik usaha untuk melakukan wawancara secara online terhadap calon karyawan, contohnya melalui video conferencing.
  7. Mendapatkan hiburan tanpa perlu keluar rumah seperti mendengarkan musik online, download film, musik, melihat pertandingan olahraga bahkan bermain game online.
  8. Melakukan transaksi perbankan dan belanja online.

Itulah ulasan tentang sejarah internet dan perkembangannya saat ini. Banyak orang merasa terbantu dengan adanya internet yang semakin memudahkan aktivitas, tetapi ada juga yang merasa dampak buruk internet bagi generasi sekarang. Seharusnya yang dibutuhkan adalah kedewasaan dalam menyikapi dan menggunakan internet secara bijak. Bagaimana menurut Anda?

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *