Cara Mempercepat Koneksi Internet,Cara Mempercepat Internet,Mempercepat Koneksi Internet

Belajar Internet dan Bisnis OnlineBandar Online Terpercaya

Pengertian Firewall, Fungsi Firewall dan Cara Kerja Firewall

Pengertian Firewall, Fungsi Firewall dan Cara Kerja Firewall ~ Firewall, apakah Anda tau apa itu firewall? Apa istilah tersebut masih cukup asing bagi Anda? Atau sebenarnya Anda cukup familiar namun selama ini belum tahu apa sesungguhnya firewall itu?

Oke oke, mari kita bahas Pengertian Firewall, Fungsi Firewall dan Cara Kerja Firewall satu per satu.

Firewall

Firewall ini pada dasarnya adalah sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi melindungi komputer dari serangan komputer luar, seperti hacker maupun pencurian data.

Nah dari pengertian di atas, pastilah Anda setuju jika Firewall ini penting untuk melindungi komputer Anda. Secara lebih spesifik, firewall ini melindungi komputer-komputer yang terhubung dengan koneksi internet.

Lalu apa saja sih sebenarnya fungsi dari Firewall? Fungsi utama firewall tentu saja sebagai gerbang keamanan bagi komputer Anda. Firewall akan mengontrol dan mengawasi arus paket data yang mengalir di jaringan.

Firewall

Tak hanya itu saja, firewall juga akan mengatur, memfilter dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi sehingga komputer Anda menjadi aman. Adapun kriteria-kriteria paket data yang oleh firewall diperbolehkan untuk lewat atau tidak, antara lain:

1. Alamat IP dari komputer sumber
2. Port TCP/UDP sumber dari sumber.
3. Alamat IP dari komputer tujuan.
4. Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan
5. Informasi dari header yang disimpan dalam paket data.

Nah kriteria-kriteria di atas akan diautentifikasi oleh firewall terhadap akses jaringan. Aplikasi proxy Firewall tak hanya bisa memeriksa header dari paket data saja, namun juga mampu mendeteksi protokol aplikasi tertentu yang lebih spesifik.

Itu tadi pengertian dan fungsi-fungsi dari Firewall. Terus sebenarnya bagaimana sih cara kerja firewall?
Perlu Anda ketahui bahwa komputer punya banyak sekali port yang dapat diakses sesuai dengan kebutuhan.

Firewall

Dari banyaknya port tersebut, hacker selalu mencoba menembus port-port komputer yang terbuka. Nah disinilah Firewall befungsi sebagai garis pertahanan terdepan dalam melindungi komputer.

Firewall bertugas menutup port kecuali memang port yang di tiap kesempatan harus tetap terbuka sehingga para hackerpun akan susah menembusnya karena port tersebut tak lagi terbuka.

Saat ini teknologi Firewall sudah cukup canggih. Berbeda dengan sebelumnya, cara kerja Firewall dulu adalah dengan cara menyaring lalu lintas menggunakan alamat IP, nomor port dan protokol.

Firewall

Sekarang, firewall tak lagi menyaring lalu lintas menggunakan alamat IP, nomor port dan protokol tetapi langsung menyaring dengan mengindentifikasi pesan konten itu sendiri.

Jadi jika Anda menginginkan komputer Anda terbebas dari konten-konten yang tidak layak atau mungkin informasi sensitif lainnya, maka Anda bisa meminta bantuan Firewall ini. Nantinya konten-konten tersebut akan dicegah oleh Firewall melalui interface.

Nah itulah Pengertian Firewall, Fungsi Firewall dan Cara Kerja Firewall. Bagaimana? Apakah Anda sekarang lebih paham mengenai Firewall? Dari penjelasan di atas kita jadi sadar akan pentingnya Firewall pada komputer. Untuk itu, pastikanlah keamanan komputer Anda dengan Firewall.

Firewall ini dapat berupa software atau perangkat lunak seperti program komputer ataupun aplikasi tetapi ada juga Firewall yang berupa hardware atau perangkat keras seperti peralatan khusus untuk menjalankan program firewall. Nantinya perangkat tersebut akan bertugas untuk menyaring lalu lintas jaringan.

Firewall HardwareFirewall Software

 

Yap, semoga penjelasan mengenai firewall di atas dapat menambah pengetahuan kalian semua tentang keamanan jaringan komputer. Harapannnya tentu saja komputer Anda sekalian aman, terbebas dari tindak kejahatan yang dilakukan oleh hacker maupun pencurian data komputer Anda. Terimakasih sudah membaca 🙂

Bantu Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *