Cara Mempercepat Koneksi Internet,Cara Mempercepat Internet,Mempercepat Koneksi Internet

Belajar Internet dan Bisnis OnlineBandar Online Terpercaya

Cara Untuk Mempercepat Koneksi Internet

Cara Untuk Mempercepat Koneksi Internet~ Saat ini hampir semua orang telah memanfaatkan teknologi internet untuk mengakses informasi di halaman web baik itu untuk sekedar membuka email, mencari berita, membuka artikel, facebookan, twitter ataupun untuk keperlauan kerja dan bisnis.

Namun terkadang ada kalanya koneksi internet anda mengalami down atau lemot yang menyebabkan akses anda ke internet menjadi lambat. Nah, kalau sudah giliran koneksi internetnya lagi down atau lemot, pasti anda pun akan merasa kesal bukan untuk membuka internet.

Internet lemot sendiri bisa di pengaruhi oleh beberapa hal, seperti ISP (Internet service provider) yang sedang lagi down, kualitas sinyal yang kurang bagus, sampai dengan paket internet anda yang memang di daftar dengan paket kecepatan yang rendah.

Namun demikian, pada umumnya kecepatan internet tetap masih bisa di maksimalkan dengan berbagai cara seperti yang akan di jelaskan berikut ini.

1. Mengoptimalkan bandwith 

Jika anda pengguna sistim operasi windows, berikut akan kita ubah nilai bandwithnya agar bekerja lebih cepat. Secara default windows akan membatasi bandwith internet anda yaitu sampai dengan 80%.

Di buatnya limit hingga 80% tersebut adalah dengan alasan bahwa bandwith sebesar 20% akan digunakan untuk keperluan lainnya. Dengan demikian kita masih bisa memaksimalkannya hingga 100%.

Cara mengoptimalkannya cukup mudah, jalankan run windows anda dengan menekan shortcut Win +R dari keyboard anda, dan ketikkan perintah gpedit.msc dan tekan enter lihat gambar berikut ini.

Berikutnya jika jendela Local Group Policy Editor sudah terbuka, sekarang buka Computer Configuration, Administrative Templates, Network, klik Qos Packet Scheduler dan pada jendela sebelah kanan double klik limit reserveavel bandwith, jika jendela sudah terbuka pilih Enbled dan isikan Bandwith Limit(%) dari 20 menjadi 0 dan tekan Ok untuk menyimpan perubahan settingan yang anda buat. Lihat gambar berikut ini.

2. Mengubah DNS

Cara berikutnya untuk mengoptimalkan kecepatan koneksi adalah dengan cara mengubah DNS. Untuk memperjelas, DNS (Domain Name Server) digunakan untuk melakukan pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang menggunakan TCP/IP.

DNS ini jugalah yang menerjemahkan sebuah alamat ip address di jaringan internet. Secara default ISP (Internet Service Provider) anda akan menggunakan DNS layanan mereka sendiri, namun yang menjadi masalah adalah DNS bawaan seringkali mengalami kinerja yang lambat atau di kenal dengan slow respond sehingga menjadikan koneksi setiap client yang merequset data menjadi lambat.

Untuk mengatasinya, anda bisa mengganti DNS default yang anda gunakan dengan memilih DNS tercepat. Sebagai contoh, kali ini kita akan menggunkan DNS dari google untuk mempercepat koneksi internet.

Buka Control Panel, klik Network and Sharing Center, Change Adapter Setting dan klik kanan pada Network Connection dan klik lagi Properties dan double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IP) dan pilih Use Following DNS Server Address kemudian isikan alamat DNS google pada Preffered DNS Server dan Alternate DNS Server¸ lihat gambar berikut ini.

DNS Google (Primary) 8.8.8.8

DNS Google  (Secondary) 8.8.4.4

3. Mengubah settingan port

Untuk mempercepat koneksi internet, berikutnya anda juga boleh mengubah settingan port yang anda gunakan demi mendapatkan kecepatan yang makasimal.

Caranya klik kanan pada My Computer dan klik Properties dan klik Device Managers selanjutnya pada Ports (Com & LPT) pilih port yang anda gunakan untuk melakukan komunikasi ke jaringan dan klik Port Settings untuk mengubah nilai Bit per seconds menjadi: 128000 kemudian pada Flow Control pilih Hardware.

Jika sudah, klik Ok untuk menyimpan perubahan yang telah anda buat, lihat gambar berikut ini.

 4. Mengubah nilai priority service provider

Oke, cara yang satu ini kita akan mengubah nilai priority service provider dari sistim windows. Caranya masuk ke Registry Editor dengan cara menjalankan Run dengan menekan shortcut Win +R dan ketikkan regedit lalu tekan enter lihat gambar.

Pada HKEY_LOCAL_MACHINE klik SYSTEM, Current Control Set, Services dan cari Tcpip kemudian klik Service Provider dan uban nilai berikut ini.

DnsPriority= 1

HostPriority= 1

LocalPriority= 1

NetbtPriority= 1

Berikut saya sertakan gambar untuk mengubah nilai priority service provider.

 5. Menggunakan proxy

Proxy merupakan sebuah komputer server yang di buat untuk menangani request yang diminta oleh seluruh komputer client untuk tersambung ke halaman internet. Dengan demikian proxy juga dapat dikatakan sebagai komputer gateway.

Proxy dapat membantu mempercepat koneksi internet anda karena proxy sendiri merupakan sebuah aplikasi yang mampu menyimpan seluruh cache yang pernah di kunjungi oleh client sehingga jika sewaktu waktu komputer client merequest halaman yang pernah di kunjungi sebelumnya atau telah tersimpan di cache proxy, maka anda akan sangat cepat membuka halaman tersebut.

Jika jaringan anda menggunakan komputer proxy, maka untuk mempercepat koneksi internet anda bisa mengarahkan langsung browser anda ke ip address komputer proxy.

Sebagai contoh jika ip address komputer proxy di setting ke 192.168.1.150 maka langsung dari browser komputer client boleh di arahkan ke ip address tersebut, sebagai contoh dengan menggunakan browser google chrome, buka Setelan, Jaringan, Connections dan atur settingan proxy anda dengan memasukkan ip address proxy beserta port yang di gunkan, lihat gambar berikut ini.

Hal yang sama juga bisa anda setting jika anda berlangganan proxy atau menggunakan proxy lainnya di internet.

6. Tips Tambahan

Internet down atau lemot bisa di sebabkan oleh berbagai kemungkinan seperti ISP anda yang sedang memang mengalami masalah atau gangguan, sehingga optimasi apapun yang anda lakukan akan tetap saja tidak mengalami perubahan.

Berikutnya kekurang pahaman pengguna dalam menggunakan teknologi komputer dan internet juga bisa saja menjadi penyebab lemotnya koneksi internet, sebagai contoh jika anda menjalankan browser dan anda membuka banyak tab sekaligus pada saat yang bersamaan, ditambah lagi dengan menjalankan aplikasi berat lainnya, maka yang terjadi mungkin tidak hanya membuat koneksi internet anda menjadi lemot, tapi bisa jadi komputer anda akan
hang atau mengalami error karena terlalu banyak atau beratnya proses yang di jalankan komputer pada waktu yang bersamaan.

Demikian dulu artikel Cara Untuk Mempercepat Koneksi Internet semoga bisa membantu anda yang mengalami koneksi internet yang lemot atau lambat.

Baca juga artikel 5 Browser Tercepat Di Dunia

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *