Cara Mempercepat Koneksi Internet,Cara Mempercepat Internet,Mempercepat Koneksi Internet

Belajar Internet dan Bisnis OnlineBandar Online Terpercaya

Cara Melindungi Komputer Dari Virus Saat Online

Komputer terkena virus bukan suatu kabar yang mengejutkan. Kamu pun pasti sering men-scan kumputer agar terhindar dari infeksi virus. Virus komputer itu bisa merusak data. Ya, kalau data yang kamu miliki itu tidak penting, kalau penting? Kamu bakal kelabakan sendiri.

Agar komputermu terhindar dari infeksi virus, maka kamu harus memberikan perlindungan menyeluruh. Antivirus tidak bisa kamu andalkan untuk menangani hal ini. Antivirus, sejatinya, hanya bisa mendeteksi virus jikalau virus mau masuk ke komputermu.

d04a40565e67c950422769d30fd49d35Apabila komputermu sudah terinfeksi virus, maka antivirus milikmu pun bisa terinfeksi pula. Beberapa virus yang membahayakan komputer, diantaranya malware, spyware dan berbagai varian lainnya.

Biasanya, virus bisa dengan mudahnya masuk ke komputer di saat kamu melakukan koneksi internet. Atau, bisa pula ketika komputermu terhubung dengan perangkat lain, seperti USB flash disk.

Sekali lagi, antivirus bukanlah suatu pelindung yang bisa melindungi komputermu 100% dari virus. Ketika kamu sengaja meng-copy file dari perangkat lain, di saat itulah virus masuk dan menjangkiti komputermu.

Kalau sudah terlanjur terjangkiti, maka kamu harus meluangkan waktu dan menahan nafas. Bisa jadi, data yang berada di komputermu dak bisa terselamatkan. Kalau sudah seperti itu, kamu pasti akan pusing.

Agar nasib menyedihkan itu tidak terjadi padamu, berikut ini cara melindungi komputer dari virus saat online:

Email

Bagi kamu yang sering berhubungan dengan klien menggunakan email, maka sedikit harus membuka mata dan berwaspada. Email merupakam perantara virus yang bersignifikan menyebarkan virus.

Terutama pada email yang masuk pada bagian SPAM. Hindari membuka email SPAM dari sumber atau pengirim yang tidak kamu kenal. Email yang dicurigai menyebarkan virus berbhaya di komputermu, secara otomatis akan masuk ke folder SPAM.

So, jangan membuka folder SPAM sembarangan, bisa jadi, email yang berada di dalamnya bisa merusak komputer karena mengandung virus, malware atau sejenisnya.

Email seperti ini, biasanya mengirimkan file berupa attachment. Jangan sesekali mendownload file attachment tersebut. Di dalam file lampiran tersebut, biasanya berisi virus yang berbhaya bagi komputermu. Seandainya kamu ingin mendownloadnya, maka scan terlebih dahulu membuka file tersebut.

Auto Pop-up

people-woman-girl-macbook

Bisa dipastikan, internet merupakan lokasi paling berpotensi menyebarkan virus, worm, trojan dan varian lain. Biasanya, virus disebarkan melalui pop-up iklan yang muncul tiba-tiba.

Biasanya, pop-up tersebut brisi pemberitahuan bahwa kamu memenangkan undian atau semacamnya. Apabila kamu menemui po-up tersebut, maka segera tinggalkan. Lalu, klik tombol close.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus dengan cara ini, kamu bisa menggunakan program antivirus dengan fitur toolbar Link Scanner. Fitur ini berfungsi melakukan scan terhadap situs web hasil pencarian google.

Flashdisk/Perangkat Portable lainnya

18d0dcd943626b88ffa2a47f102caa58

Virus bisa berpindah dengan mudah melalui perangkat portabel. Salah satunya flashdisk atau harddisk eksternal. Bisa pula melalui smartphone. Sebelum membuka file yang berada di perangkat tersebut, scan terlebih dahulu perangkat itu dengan program antivirus.

Selain itu, untuk membuka file, agar terhindar dari virus, gunakan opsi klik kanan, lalu pilih ‘Open’. Ini berguna untuk melihat isi file terlebih dahulu sebelum dipindahkan atau digunakan.

Lebih aman lagi bila kamu tidak sembarangan membuka file atau folder mencurigakan. Terlebih lagi file yang berbentuk shortcut.

Gunakan Antivirus

2955-4

Alangkah baiknya bila menginstall antivirus di dalam laptop atau komputer. Pilih antivirus yang berkualitas dan selalu update. Agar program antivirus yang digunakan bisa “menangkap” virus yang masuk, jangan lupa melakukan update berkala.

Tambahan. Selain menggunakan antivirus luar negeri, ada baiknya gunakan antivirus lokal pula. Antivirus lokal, meski kalah kualitas dengan antivirus luar, paling tidak bisa mengenali varian virus buatan orang Indonesia.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *