Cara Mempercepat Koneksi Internet,Cara Mempercepat Internet,Mempercepat Koneksi Internet

Belajar Internet dan Bisnis OnlineBandar Online Terpercaya

6 Cara Aman Bertransaksi Online

6 Cara Aman Bertransaksi Online – Ragu, takut, cemas, suka mikir lama sebelum transaksi karena dikhawatirkan kita jadi korban penipuan.

Pasti anda pernah merasakan semuanya itu bukan? Termasuk saya, saat pengalaman pertama membeli sebuah produk di toko online, sebelum melakukan transaksi selalu timbul keraguan.

Untuk menghilangkan rasa was-was tersebut saya pun antisipasi dengan mencoba 6 cara aman bertransaksi online seperti yang akan dijelaskan pada tulisan ini.

Banyaknya oknum yang kadang memanfaatkan ketidaktahuan kita akan sesuatu yang berhubungan dengan dunia internet, sehingga mereka dapat meraup keuntungan yang lumayan dari para calon pembeli.

6 Cara Aman Bertransaksi Online

Ada 6 cara aman bertransaksi online  yang harus anda ketahui sebelum melakukan transaksi online, silahkan ikuti tips berikut.

1. Jika transaksi melalui website atau toko online pribadi, maka anda harus mengecek terlebih dahulu apakah web/toko online tersebut sudah lama beroperasinya? Untuk antisipasinya, jika web/toko online tersebut beroperasinya baru kurang dari satu tahun, maka anda perlu berhati-hati.

2. Jika transaksi melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter dan sejenisnya, maka yang harus anda ketahui itu adalah dengan meneliti akun nya terlebih dahulu, yaitu:

  • Akun yang sudah lama beroperasi
  • Akun yang sudah mempunyai username
  • Akun yang memiliki pertemanan yang banyak
  • Akun yang selalu mengupdate status dari produk asli miliknya
  • Akun yang selalu menjawab komentar, dan tidak pernah menghapus komentar buruk tentang akun tersebut.

Baca juga:

3. Jika anda melakukan transaksi dengan komputer – Sebaiknya jangan menggunakan komputer orang lain atau komputer umum seperti warnet, anda usahakan untuk tidak memberikan informasi keuangan anda seperti akun pembayaran, info akun bank dan lainnya.

4. Perhatikan Harga – Jangan selalu tergiur dengan harga yang murah, pastikan harga yang ditetapkan penjual itu tidak jauh dari harga produk pasaran, tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal.

5. Testimonial –  testimoni ini adalah kesaksian dari para pembeli  yang pernah membeli produk dari si penjual tersebut, baca dan telitilah pembeli yang telah memposting kesaksiannya.

6. Sistem Pembayarannya, harap anda berhati-hati di dalam setiap transaksi online seperti:

  • COD (Cash On Delivery), jika memungkinkan dengan transaksi tersebut maka periksalah terlebih dahulu kondisi produk barang yang hendak anda beli.
  • REKBER (Rekening Bersama) bisa anda lakukan jika penjual dan pembeli berbeda kota yaitu pembeli mentransfer ke pengelola REKBER setelah itu penjual akan mengirim barang ke pembeli setelah barang sampai pada pembeli maka uang akan di transfer dari pengelola REKBER ke penjual. Cara ini sangat ampuh untuk menghindari penipuan online.

Mungkin demikianlah 6 cara aman bertransaksi online yang bisa saya bagikan kepada anda semua yang suka berselancar di dunia internet, khususnya para pelaku jual beli online. 🙂

Dengan cara tersebut di atas semoga juga bisa menambah wawasan serta kehati-hatian anda dalam berbisnis maupun berbelanja online, sekian artikel  6 cara aman bertransaksi online, Semoga bermanfaat.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *